Saturday, 29 December 2012

Just Do It Properly (2)

Hmm, sedikit curhat aja. Judulnya bagian kedua nih, soalnya sedikit banyak sepertinya berkaitan dengan judul ini. Beberapa waktu lalu, ketika Big Sister berkesempatan liburan ke tanah air, sempat main dong ya ke mall hehe... Nah, berhubung mall-nya deket rumah, jadi saya naik angkot aja. Di angkot ada mbak-mbak yang tanya gimana caranya ke mall A, yang kebetulan mall yang saya tuju. Jadilah saya bilang: Nanti turunnya bareng saya, Mbak.

Setelah turun dari angkot, kami jalan kaki sedikit melewati perumahan, sebelum sampai di mall. Kurang lebih 15 menitan lah dari mulai turun angkot, sampai masuk ke dalam mall. Ternyata eh ternyata, 15 menit itu kalau ngobrol bisa panjang juga ya. Awal mulanya hanya dari mbak-mbak ini yang tanya saya kerja di mana. Nah, begitu saya bilang saya tidak bekerja di Indonesia, ya ampun, mbak-mbak yang ternyata udah ibu-ibu ini curhat abis-abisan ke saya. Maksudnya abis-abisan? Saya juga heran, dalam waktu sekitar 15 menit, saya jadi tau, kalau ibu-ibu ini adalah orang tua tunggal. Mantan suaminya selingkuh. Dia melihat dengan mata kepalanya sendiri, duh, sedih banget dengernya.

Trus ceritanya ibu-ibu ini (masih muda kok, paling 30-an) lagi cari kerja. Dia mau ke mall, mau ketemu dengan temennya, yang mungkin bisa bantuin dia cari kerjaan. Lalu, saya kasih masukan aja bidang apa yg mungkin bisa dia pilih kalau tertarik bekerja di luar negeri. Salah satunya di bidang kesehatan, misalnya jadi perawat. 

Singkat cerita, karena saya mesti ketemuan dengan teman, dan dia juga, bertukarlah nomor hp. Bagusnya, dia langsung cari tau mengenai sekolah perawat yg bisa mengirim tenaga lulusannya ke luar negeri. Beberapa kali dia sms mengabari perkembangan cari taunya. Saya jadi salut. Saya tahu, sekolah menjadi perawat itu memang tidak singkat. Namun, kalau niatnya kesitu, ya jalanin aja. Saya pikir, ibu-ibu itu langsung daftar salah satu sekolah perawat. Ternyata, kelamaan, alasannya. Dia punya anak yg mesti dia kasih makan, alasannya lagi. 

Hmm...lalu dia sms lagi, mengabarkan dia ikutan training di salah satu agen tenaga kerja, yang akan mengirim tenaganya untuk bekerja di panti jompo di luar negeri. Trainingnya sekitar beberapa bulan. 
Itu sih kabar terakhir yang saya dapat. 

Kita doakan aja dia mendapat apa yg diinginkannya ya. Mbak-mbak atau ibu-ibu ini kelihatannya baik dan memang ingin sekali mengubah kehidupannya. Buktinya, selalu sms mengabarkan perkembangannya. Dan yang bikin saya terharu, di setiap sms-nya dia selalu bilang: Makasih ya, Mbak. Huhuhu...sama-sama ya, Mbak. :)

Just Do It Properly

Salah satu 'orang kaya' di Norwegia yang menarik perhatian Big Sister adalah Petter Stordalen, seorang investor dan 'tycoon', yang bidang usahanya bergerak di bidang perhotelan dan properti. Yang menarik adalah bahwa dia memulai aktivitas bisnisnya dari usia muda. Sebut saja, ketika berusia 12 tahun, dia sudah memulai berjualan stroberi dan bahkan disebut sebagai penjual stroberi paling top di Norwegia, dan masuk dalam koran lokal di Porsgrunn, Norwegia.

Untuk mengenal si Stordalen ini, nggak ada salahnya kamu klik link berikut http://en.wikipedia.org/wiki/Petter_Stordalen

Beberapa waktu yang lalu Big Sister menemukan kutipan ucapan Stordalen di sebuah koran. Dia bilang: "Saya besar ketika perdana menteri Norwegia mengatakan pekerjaan seperti tukang bersih-bersih dan penjaga toko adalah pekerjaan rendahan. Saya belajar dari bapak saya, tidak peduli apa pekerjaanmu, yang penting kamu melakukannya dengan sebaik-baiknya."

Setuju! Apapun pekerjaan yang kita tekuni, seharusnya memang kita lakukan dengan sebaik-baiknyah. Kalau kita tidak menyukai apa yang kita kerjakan sekarang, ya simpel saja, seharusnya kita memilih pekerjaan yang lain, ya nggak?!

Friday, 21 December 2012

Paraben Oh Paraben

Beberapa hari yang lalu CEO Pourvous Ibu Laila Asri sempat ngetweet tentang paraben di twitternya. Kami coba rekam dalam postingan blog ini. Semoga berguna! :)
 
1. Paraben adalah senyawa kimia yg ada secara alami dan dapat dibuat secara sintetik


2. Paraben sintetik telah digunakan sebagai pengawet dalam obat-obatan sejak tahun 1924


3. Saat ini paraben juga banyak digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik & makanan dengan batas tertentu


4. Meskipun paraben dianggap aman selama beberapa dekade, berbagai studi terbaru menunjukan potensi bahaya bagi kesehatan


5. Dalam tubuh, paraben bertindak seperti estrogen dan berbahaya jika dipakai berlebihan & terakumulasi


6. Terdapat beberapa jenis paraben yang umum dipakai dalam kosmetik, misal metil, etyl & propyl paraben


7. Paraben juga dikenal dengan beberapa nama dagang, misal nipagin dan nipasol

8.  Etyl paraben mirip dengan metyl paraben. Namun, beberapa studi menyebut etyl paraben mempertinggi resiko berbagai penyakit

9.  Beberapa efek samping paraben adalah: meningkatkan kadar estrogen dalam darah, sehingga meningkatkan berbagai masalah kesehatan

10. Tingginya estrogen akibat penggunaan paraben juga meningkatkan resiko terkena kanker payudara

11. Paraben juga memicu kenaikan berat badan dalam jangka panjang

 

Sunday, 2 December 2012

Jangan lupa Flea Market 7-9 Des 2012 @Kemang Point


Iya, jangan lupa. Soalnya Big Sister dan Little Sister juga ikutan hihi... Berawal dari Big Sister yg nemu info ttg flea market ini di female daily forum. Langsung teringat beberapa barang hasil 'berpetualang' di summer sale yang sempat diangkut ke Indonesia bulan Oktober lalu. 

Langsung cari teman yang bisa diajak berbagi stand di forum. Wah, ternyata seru banget. Awalnya Little Sister udah mau mundur, soalnya sibuk dengan kerjaan dan barang yang terkumpul masih sedikit. Kalau Big Sister udah semangat 45 dari awal, walaupun cuma bisa nyuruh ini itu hehe... Udah pede mau pesan stand, ternyata pas hari H mau bayar deposit, gak tau kenapa klikbca error. Widiiih...inilah pertanda utk bekerja samalah dengan yang lain. 

Dan memang ketemu dengan teman yang lain yang mau berbagi stand. Akhirnya Big Sister dan Little Sister tinggal membuat daftar barang yang mau dijual dan bayar saweran stand. Big Sister sih gatel pengen ikutan jaga dan jualan, tapi apa daya jiwa dan raga jauh di ujung dunia hehe... 

Menurut Big Sister ide flea market ini seru banget. Nggak cuma ngedapetin barang dengan harga murah, tapi siapa tau nemu barang sesuai hobi atau membantu gerakan 'reuse' sebelum 'recycle'. Ada juga beberapa stand makanan yang kayaknya perlu dicoba. Mauuu...
 
Bocoran dikit, beberapa barang dari Big Sister Little Sister: tas, baju dan sepatu keluaran h&m dan merk lainnya. Ayo! :)