Monday, 29 October 2012

Go Make A Difference (1)

Lagi beberes kamar, saya kembali menemukan buku Go Mad - 365 Daily Ways To Save The Planet keluaran The Ecologist, yang saya beli di toko buku Oxfam di UK beberapa tahun yang lalu. Kayaknya seru nih untuk disebarluaskan. Ini bagian satunya. Semoga berguna!

1. Gunakan kendaraan umum sebisa mungkin. Kalau kamu terbiasa naik mobil, sesekali coba deh naik angkutan umum. Menghemat penggunaan bahan bakar, menghemat uang, dan memberi rejeki buat supir angkot/bis/taksi/ojek :)

2. Jangan menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak perlu untuk bersih-bersih. Pilihlah bahan-bahan alternatif ekologis.

3. Pakaian-pakaian lamamu yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi baik, disumbangkan ke orang yang lebih membutuhkan. Atau kamu juga bisa mengirimkannya ke http://sekenstore.com/home yang merupakan salah satu jejaring dari Dompet Dhuafa Republika. Alamatnya di Gerai Bintaro, Jl. Veteran No. 8 Bintaro, Jakarta Selatan. Telp. 021-73880034

4. Sumbangkan majalah-majalah bekas ke praktek-praktek dokter terdekat. Atau bisa juga dikiloin ke pemulung. Kalau kondisi majalahnya masih bagus, mereka jual kembali biasanya. Yang penting nggak langsung masuk ke sampah. 

5. Kembali ke dapur. Memasak bukan hanya aktivitas yang damai dan rileks, tapi juga berarti kita makan lebih baik. Kita bisa memilih bahan-bahan yang akan kita gunakan, yang produksi lokal dan bukan melalui proses yang tidak kita ketahui.  

Nggak susah kan? Kita ketemu di Go Make A Difference selanjutnya ya :)

4 comments:

  1. Bahan-bahan pembersih yang ekologis contohnya apa, Mbak? :)

    ReplyDelete
  2. Dari buku ini disebut misalnya gunakan cairan pencuci piring yg mengandung low-phosphate, gunakan baking soda dan cuka, hindari penggunaan chlorine. Saya (BS) menggunakan cairan pembersih yg berbasis tanaman, disini ada pilihan produk2 ekologis, misalnya dari sitrun. Di Indonesia saya yakin banyak resep yg alami ala lokal. Intinya, jangan terlalu banyak menggunakan bahan2 kimia berbahaya, dan pelajari kandungan dari produk yg kita gunakan :)

    ReplyDelete
  3. iya sisters, kita harus mulai lebih bertanggungjawab atas apa-apa yg kita pakai. listrik, air, bahan kimia. thanks sudah membuka pikiran saya :D

    ReplyDelete